Semester 1 :
Introduction (Pengenalan)
Bulan 1 : Pengenalan Program
Kami menyadari bahwa akan ada perbedaan mencolok ketika santriwati hidup di
lingkungan keluarga dan lingkungan pondok. Untuk itu, kami mencoba secara
bertahap membimbing kedisiplinan santriwati menuju arah kedisiplinan dan paket
waktu yang telah kami rancang. Beberapa hal yang akan kami lakukan di bulan
pertama adalah:
1.
Jam tidur berangsur dari 9 jam menuju 7 jam.
2.
Alokasi waktu berangsur dari toleransi 10 menit
menuju tepat waktu.
3.
Pengenalan penggunaan komputer dan internet
4.
Pengenalan penggunaan email, dan penggunaan situs
pendidikan di internet
5.
Penjajagan dan pembenahan kemampuan tahsin quran.
6.
Memperkenalkan cara menulis ekspresif.
Bulan 2 & 3 : Proses berjalan 1 siklus
Bulan 4-6 : Proses siklus
kedua berjalan
Semester 2 : Intensify
(Program intensif)
Di semester kedua, setelah proses berjalan selama dua siklus, ada evaluasi
yang akan kami lakukan guna membentuk sebuah sistem yang lebih sesuai dengan
kondisi masing-masing santriwati. Oleh karena itu, kami berkeyakinan proses
pembelajarandi semester 2 ini akan menuju arah intensif. Pembelajaran akan
lebih fokus, detail, dan terperinci.
Jika di semester kedua ini terdapat santriwati yang memiliki kelebihan
dalam kecepatan pemahaman, kami akan memfasilitasi dengan beberapa program
individual.
Semester 3 : Exploration
(Eksplorasi)
Penanaman berpikir kreatif, eksplorasi kemungkinan-kemungkinan di masa
mendatang, mencoba melihat, menampung dan meniru cara berpikir kreatif teman
sebaya. Membuka diri untuk terinspirasi oleh orang lain. Menulis Kreatif
harapannya mulai menampakkan hasil di masa ini.
Semester 4 : Self-discovery
(Identitas diri)
Mengenal identitas diri, ke-Islam-an, ke-Indonesia-an, local content,
proyeksi peran dlm keluarga, civitas sekolah
1.
Mencoba mengenal diri sendiri.
2.
Mendalami Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan,
membandingkan keduanya, mengambil jalan terbaik di ranah idealisme dan ranah
praksis.
3.
Memproyeksikan peran diri di keluarga saat ini.
4.
Memproyeksikan peran diri di keluarga 10 tahun
mendatang.
Semester 5 : social-engineering
(ketrampilan sosial)
Di semester ini,
santriwati diharapkan telah berkembang:
- mampu berkomunikasi dengan baik.
- mampu mengartikulasikan ide dengan baik,
- terampil dalam menyusun kalimat lisan maupun tulisan dengan sifat persuasif, agitatif, campaign, propagandis, atau captivating.
- mampu menilai pernyataan rekan yang bersifat persuasif, agitatif, campaign, propagandis, atau captivating.
Seiring tumbuh dan berkembangnya santriwati, kematangan pembentukan kelompok-kelompok
dengan kaarakter berbeda dan saling menganal satu sama lain, juga suasana
persaingan dalam mendapatkan pendidikan yang sesuai keinginan saat masuk SMA,
di semester ini kami berupaya membangun sisi kerjasama dan kompetisi.
Santriwati dipahamkan makna bekerjasama dan makna kompetisi yang sehat. Proses
pembelajaran seluruh materi kunci dan lifeskill akan bernuansa
kooperatif dan kompetisi. Harapannya santriwati:
- Mampu bekerjasama dalam tim.
- Mampu mengendalikan suasana hati dalam bekerjasama dalam kelompok dengan beragam karakter.
- Mampu merumuskan kiat pengendalian suasana hati dalam bekerjasama dalam kelompok dengan beragam karakter.
0 komentar:
Posting Komentar