Selasa, 30 September 2014

Konsep Keseluruhan program kurikulum selama 6 Semester


Semester 1         : Introduction (Pengenalan)

Bulan 1                 : Pengenalan Program
Kami menyadari bahwa akan ada perbedaan mencolok ketika santriwati hidup di lingkungan keluarga dan lingkungan pondok. Untuk itu, kami mencoba secara bertahap membimbing kedisiplinan santriwati menuju arah kedisiplinan dan paket waktu yang telah kami rancang. Beberapa hal yang akan kami lakukan di bulan pertama adalah:
1.       Jam tidur berangsur dari 9 jam menuju 7 jam.
2.       Alokasi waktu berangsur dari toleransi 10 menit menuju tepat waktu.
3.       Pengenalan penggunaan komputer dan internet
4.       Pengenalan penggunaan email, dan penggunaan situs pendidikan di internet
5.       Penjajagan dan pembenahan kemampuan tahsin quran.
6.       Memperkenalkan cara menulis ekspresif.
Bulan 2 & 3         : Proses berjalan 1 siklus
Bulan 4-6             : Proses siklus kedua berjalan

Semester 2         : Intensify (Program intensif)
Di semester kedua, setelah proses berjalan selama dua siklus, ada evaluasi yang akan kami lakukan guna membentuk sebuah sistem yang lebih sesuai dengan kondisi masing-masing santriwati. Oleh karena itu, kami berkeyakinan proses pembelajarandi semester 2 ini akan menuju arah intensif. Pembelajaran akan lebih fokus, detail, dan terperinci.
Jika di semester kedua ini terdapat santriwati yang memiliki kelebihan dalam kecepatan pemahaman, kami akan memfasilitasi dengan beberapa program individual.

Semester 3         : Exploration (Eksplorasi)
Penanaman berpikir kreatif, eksplorasi kemungkinan-kemungkinan di masa mendatang, mencoba melihat, menampung dan meniru cara berpikir kreatif teman sebaya. Membuka diri untuk terinspirasi oleh orang lain. Menulis Kreatif harapannya mulai menampakkan hasil di masa ini.

Semester 4         : Self-discovery (Identitas diri)
Mengenal identitas diri, ke-Islam-an, ke-Indonesia-an, local content, proyeksi peran dlm keluarga, civitas sekolah
1.       Mencoba mengenal diri sendiri.
2.       Mendalami Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan, membandingkan keduanya, mengambil jalan terbaik di ranah idealisme dan ranah praksis.
3.       Memproyeksikan peran diri di keluarga saat ini.
4.       Memproyeksikan peran diri di keluarga 10 tahun mendatang.

Semester 5         : social-engineering (ketrampilan sosial)
                Di semester ini, santriwati diharapkan telah berkembang:
  1. mampu berkomunikasi dengan baik.
  2. mampu mengartikulasikan ide dengan baik,
  3. terampil dalam menyusun kalimat lisan maupun tulisan dengan sifat persuasif, agitatif, campaign, propagandis, atau captivating.
  4. mampu menilai pernyataan rekan yang bersifat persuasif, agitatif, campaign, propagandis, atau captivating.
Semester 6         : cooperation & competition (kerjasama dan kompetisi)

Seiring tumbuh dan berkembangnya santriwati, kematangan pembentukan kelompok-kelompok dengan kaarakter berbeda dan saling menganal satu sama lain, juga suasana persaingan dalam mendapatkan pendidikan yang sesuai keinginan saat masuk SMA, di semester ini kami berupaya membangun sisi kerjasama dan kompetisi. Santriwati dipahamkan makna bekerjasama dan makna kompetisi yang sehat. Proses pembelajaran seluruh materi kunci dan lifeskill akan bernuansa kooperatif dan kompetisi. Harapannya santriwati:
  1. Mampu bekerjasama dalam tim.
  2. Mampu mengendalikan suasana hati dalam bekerjasama dalam kelompok dengan beragam karakter.
  3. Mampu merumuskan kiat pengendalian suasana hati dalam bekerjasama dalam kelompok dengan beragam karakter.

0 komentar: